Wednesday, March 18, 2015

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa


Selamat pagi sobat SimBale, kali ini saya akan posting sebuah artikel yang berjudul Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa. Mungkin sobat hanya tau cara memakainya saja tanpa tahu seluk beluk software bikinan Bill Gates ini. Karena Windows ini Bill Gates sang pencipta menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan 1000 Trilyun Rupiah! Tapi sebandinglah dengan kerja kerasnya dulu saat membuat microsoft, Bill Gates hanya tidur beberapa jam dalam seminggu tidak lebih dari 10 jam. Berikut adalah perkembangan Windows :

Windows 1

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Windows 1 dirilis pada 20 November 1985. Sistem operasi ini adalah sistem operasi pertama yang memperkenalkan teknologi multi tasking pada PC. Tentu saja fitur ini membuat kamu jadi lebih mudah dalam membuka banyak aplikasi sekaligus. Tanpa adanya teknologi multi tasking, komputer hanya bisa menjalankan satu aplikasi saja dalam satu waktu. Berikut ini adalah tampilan Windows 1.01 yang sangat sederhana yang berbasiskan 16-bit saja.


Windows 2

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Masih tetap dengan teknologi 16-bit, Windows 2 hadir pada 9 Desember 1987. Sama dengan Windows 1, Windows 2 juga berjalan secara langsung di Floppy Disk, dan bisa berjalan lancar walaupun komputer tidak dilengkapi hardisk. Di Windows 2 inilah pertama kali dikenalkannya istilah “Maximize” dan “Minimize” di setiap Window aplikasi.


Windows 2.1

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Kurang dari 1 tahun setelah dirilisnya Windows 2, tepatnya pada 27 Mei 1988, Microsoft merilis Windows 2.1. Ini adalah pertama kalinya Windows memerlukan hardisk agar bisa berjalan.


Windows 3.0

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
pada 22 Mei 1990, Microsoft merilis Windows 3.0. Dengan merombak tampilannya secara besar-besaran, Windows 3.0 menjadi titik kesuksesan sistem operasi Windows.


Windows 3.1

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Pada 6 April 1992, Windows hadir dengan tampilan yang lebih manis dibandingkan versi sebelumnya. Versi ini sudah memiliki File Manager, Program Manager, serta mendukung 32-bit disk access. Versi multimedianya juga telah dilengkapi dengan media viewer untuk memainkan video.


Windows 95

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Di versi ini Windows sudah mulai mendapatkan “bentuknya”. Windows 95 dirilis pada 24 Agustus 1995 dan telah menggunakan 32-bit architecture.


Windows 98

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Windows 98 mulai dipasarkan pada 25 Juni 1998. Di versi inilah Windows mulai support dengan port USB secara gila-gilaan. USB hub, USB scanner, USB mouse, USB keyboard, USB joystick, dan berbagai device USB lainnya.


Windows 2000

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Windows 2000 termasuk kedalam keluarga Windows NT. Dirilis pada 17 February 2000, Windows 2000 ini khusus dibuat untuk kalangan bisnis. Ada versu Professional, Server, Advanced Server dan Datacenter Server. Untuk pengguna rumahan, Windows merilis Windows ME beberapa bulan kemudian.


Windows ME (Millennium Edition)

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Sesuai dengan namanya, Windows ME ini dirilis pada 14 September tahun 2000 yang sering disebut sebagai tahun milenium. Dibandingkan dengan Windows 98, Windows ME memiliki boot time yang jauh lebih cepat. Di Windows inilah pertama kali ada fitur System Restore untuk merestore PC ke titik tertentu jika mengalami permasalahan. Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal yang memiliki banyak masalah. Keberadaan Windows ME ini pun segera digantikan oleh Windows NT Family lainnya ( XP, Vista, 7, dan Windows 8).


Windows XP

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Inilah OS Windows yang sempat melegenda, Windows XP. Dipasarkan mulai 25 Oktober 2001, Windows XP adalah sistem operasi untuk pengguna rumahan yang menggunakan kernel NT. Disini Windows XP sudah tampil cantik dengan berbagai fitur yang sangat mendukung multimedia. Mulai dari bulan September 2003 hingga Juli 20011, Windows XP menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ini artinya XP menjadi penguasa sistem operasi selama kurang lebih 7 tahun! Tetapi sekarang kabarnya sih windows XP ini akan dihapus oleh pihak microsoft, apakah benar kabar ini? Moga-moga aja tidak sob.


Windows Vista

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
5 tahun semenjak dirilisnya XP, Microsoft merilis Windows Vista, tepat pada 30 Januari 2007. Windows Vista hadir dengan security yang lebih kuat daripada Windows XP. Namun demikian Windows Vista mendapat banyak sekali cacian dan dianggap sebagai produk gagal oleh sebagian orang. Ini terkait dengan kebutuhan spesifikasi sistem yang besar, banyak masalah kompatibilitas dengan hardware dan software, serta notifikasi user UAC yang sangat mengganggu.


Windows 7

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Windows 7 dirilis mulai 22 Oktober 2009, kurang dari 3 tahun setelah Vista dirilis. Windows 7 hadir dengan berbagai perbaikan dari Windows Vista, antara lain peningkatan performa, kebutuhan spesifikasi yang lebih ringan, dukungan penuh terhadap komputer dengan multi-core processor, dll. Mirip dengan Windows XP, Windows 7 juga memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Salah satu penggunanya adalah saya sob admin aditya hehehehe. Temen saya juga banyak kok yang pake ini sobat SimBale


Windows 8

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa
Inilah sistem operasi Windows terbaru yang baru akan dirilis 26 Oktober 2012 mendatang. Namun demikian, kamu sudah bisa mendapatkan versi trialnya dengan masa aktif selama 3 bulan. Microsoft melakukan perombakan besar-besaran pada tampilan Windows 8, antara lain: memiliki start screen dan tampilan yang berbeda dengan versi Windows sebelumnya. Di Windows 8 ini juga diperkenalkan Windows Store yang akan menjadi market jual beli aplikasi untuk Windows 8.
Ini adalah sistem operasi yang dipake oleh temen saya admin penyu 101.

Windows 10

Sejarah Perkembangan Windows 1-10 Dari Masa Ke Masa 

Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih. 

Mengapa Operating System (OS) Merek Lain Jarang Dipakai ?
  • OS Merek Lain dianggap barang murahan
  • OS Merek Lain kurang compatibel dengan pc / laptop 
  • OS Merek Lain susah untuk dioperasikan
  • OS Merek Lain kalah saingan dan pamor dengan OS lainnya seperti Windows
  • OS Merek Lain fiturnya kurang memadai
  • OS Merek Lain desain kurang menarik
  • OS Merek Lain banyak temen yang make jadi ikut-ikutan
  • Dan lain-lain
Kalo itu sih tergantung para penggunanya lebih nyaman dan suka pake OS yang mana sob...
Kalo admin - aditya sih pertama kali instal sih pake windows xp sama windows 7 bagaimana dengan sobat? Pertama kali menginstal windows apa ya sob?

Semoga bermanfaat
Best Regards
Admin - Aditya

23 komentar

makasih ilmunya bang, bermanfaat banget...

aku kurang setuju sama point2 "Mengapa Operating System (OS) Merek Lain Jarang Dipakai ? " yang paling tepat itu sejak dari awal berkenalan dengan komputer udah disuap ama winduss. Coba dari awal udah disuapin sama linux atau mac pasti beda cerita =))

ngomong ngomong itu windows 10 nanti dikasih gratis selama setahun, setahun doang tapi habis tu ya beli lisensi lagi =))

wahh kerenn inih mas pengetahuannya nambah wawasan kebetulan saya ini anak tkj mas namun baru tahu sekarang Perkembangan OS windows ini kerennn mas

kenapa kok gkada windows 9 gan?

hahha iya sama2 kaya udah tua aja dipanggil bang ehhehe :D

belom tentu sob soalnya kemaren pernah beli osnya linux ada
wah kalo itu kurang tau :)

wah udah windows 10 aja ya , specnya makin tinggi aja , tapi kenapa tetep aja ya indonesia ketinggalan mulu keluarannya ..
gan maaf baru blogwaliking , follow back udah berhasil oke ...hehe

mohon dibaca lagi sob :) windows 9 dihapus soalnya depannya ada angka 9 nanti bisa dikira windows 95 / 98 kemudian diganti windows 10 gitu sob :D

dari kesepuluh windows ini, paling nyaman pakai windows 7 deh

mungkin indonesia jauh dari tempat produksinya kali
hehehe gpp thx :D

keren gan sejarahnya :D tapi kenapa MS-DOS gk masuk gan ??

karena ane ga tau, kalo ane tau pasti ane masukin @-)

keren min, sejarahnya penjelasannya rapih

Wahh Windows 1 Tampilannya Begitu Amat , Udah Kaya HP Nokia :V wkwk Nice Post Dehh Buat Nambah Ilmu

coba instal windows 10 beberapa hari lalu tapi browser mozila sama chrom berat klo dibuka itu kenapa ya ??

bisa virus malware ato browsernya / laptopnya jg bisa, banyak penyebabnya

bagus gan artikelnya mantap

Peraturan Komentar SimBalisme :
~ Jangan gunakan link aktif ( live link )
~ Berkomentar sesuai artikel
~ Dilarang berkata kotor, SARA, SPAM, dan Pornografi
EmoticonEmoticon